021-7919-0893 [email protected]

Apa yang menjadi masalah dalam hal mencetak banner / spanduk? Masalah utamanya adalah cara membuat desain yang menarik sehingga banyak orang yang mengikuti apa yang tertulis di dalamnya. Dibutuhkan kreativitas dalam merangkai kata dan juga mendesain tampilan banner. Lalu, Anda bisa langsung menyerahkan desain banner yang Anda inginkan di tempat percetakan. Saat ini, sangat mudah untuk menemukan tempat percetakan banner.

Tips Membuat Desain Banner yang Menarik

Kami akan berikan tips yang tidak hanya berfokus pada desain banner, tetapi ada unsur lainnya yang harus diperhatikan dalam membuat banner. Berikut tips membuat desain banner yang menarik dari kami:

1. Tentukan Tema Banner

Menentukan tema adalah hal yang paling pertama harus dilakukan. Tema yang benar akan membuat pengunjung melihat media promosi Anda. Contohnya, jika sedang melakukan promosi brand atau event tentang food & beverages, maka tema yang dapat digunakan adalah gambar gambar makanan atau minuman yang disesuaikan dengan produk atau event Anda.

2. Pilih Jenis dan Ukuran Banner yang Digunakan

Setelah Anda menentukan jenis banner yang ingin dibuat, selanjutnya tentukan ukuran banner. Ukuran ini biasanya disesuaikan dengan konten iklan atau budget yang disediakan. Anda juga harus memperhatikan fungsional dari banner itu sendiri. Jika banner hanya digunakan di tempat yang tidak begitu luas, sebaiknya menggunakan ukuran yang sedang agar tidak menyulitkan bagi pembaca untuk membacanya

Backdrop.

 

3. Posisikan Logo di Tempat Paling Atas

Logo merupakan gambar atau desain tulisan identitas dari brand (merk bisnis) Anda atau identitas dari aktifitas yang akan disampaikan di dalam banner. Logo harus paling menonjol dari yang lain. Letakkan logo ini pada posisi paling atas yang sejajar dengan mata agar dapat langsung terlihat oleh pembaca. Logo mempunyai peran penting dalam menarik orang untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, buatlah logo semenarik mungkin sehingga mampu membuat orang lewat minimal melirik untuk melihat dengan jelas.

4. Minimalisir Penggunaan Tulisan

Sebuah banner digunakan untuk menarik orang meskipun hanya sekilas. Oleh karena itu, buatlah tulisan / text seefektif mungkin, sehingga orang mampu menangkap isi banner meskipun terbaca dalam waktu singkat. Gunakan kata yang efektif dan efisien. Banner dengan tulisan padat justru akan membuat orang malas untuk membacanya.

5. Penggunaan Copywriting yang Tepat

Pemilihan kata yang tepat sangatlah diperlukan. Meskipun terdiri kurang dari lima kata, namun ternyata mampu membuat orang yang membacanya menjadi tertarik. Kata-kata yang mengundang rasa penasaran dianggap paling ampuh untuk menarik minat pembaca. Tidak hanya itu, buatlah ukuran font yang cukup besar sehingga orang dapat membacanya dengan jelas meskipun dalam jarak jauh.

6. Gunakan Gambar dengan Kualitas Tinggi

Selain kata-kata, isi dari banner yang membuat orang tertarik adalah gambar yang menarik perhatian. Tentu saja gambar tersebut harus dengan kualitas tinggi (high resolution), sehingga membuat orang lebih mudah untuk menangkap isi banner. Kemampuan otak menangkap informasi dalam bentuk gambar lebih cepat daripada bentuk tulisan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan gambar dipilih dengan tepat dan kualitas tinggi.

7. Gunakan Warna yang Tepat

Di tempat keramaian agar banner terlihat, warna yang mencolok mampu menarik perhatian orang untuk membacanya. Jadi warna juga sebagai penentu tanggapan orang terhadap banner Anda. Namun begitu, tetap sesuaikan dengan warna identitas perusahaan. Warna yang harmonis membuat orang lebih lama untuk membacanya.

Sebagai informasi, gunakanlah mode warnaCMYK pada saat mendesain banner, mesin percetakan digital menggunakan acuan CMYK pada saat mencetak, jika file yang digunakan menggunakan mode warna RGB maka warna yang dihasilkan akan sangat berbeda dengan layar monitor Anda.

8. Sertakan Detail Kontak

Detail kontak merupakan hal yang terpenting, dan sebagai komunikasi lanjutan setelah orang membaca banner Anda. Meskipun begitu, Anda tidak perlu menuliskan kontak dengan ukuran tulisan yang besar. Meskipun dengan ukuran kecil dan diletakkan di akhir banner tetap akan dibaca oleh konsumen jika kata sebelumnya sudah menarik.

Roll Banner

 

9. Pilihlah Bahan & Jasa Percetakan yang Berkualitas

Tips terakhir dari kami, yaitu memilih bahan serta jasa cetak banner yang berkualitas. Tentunya Anda menginginkan banner Anda dapat bertahan lama dan tidak mudah diterpa angina atau cuaca, bukan? Untuk itu, pilihlah bahan yang berkualitas tinggi sesuai dengan penempatannya. Untuk banner outdoor tentu dibutuhkan jenis bahan spanduk dengan kualitas lebih kuat agar tulisan tidak mudah pudar meskipun terkena sinar matahari langsung dan tidak mudah jatuh terkena terpaan angin.

Selain itu memilih percetakan yang tepat juga merupakan solusi agar banner Anda memiliki kualitas yang terbaik. Jika Anda saat ini sedang mencari percetakan yang juga mampu melayani Anda dalam hal desain banner, Jaya Print akan melayani Anda. Anda tidak memiliki desain banner? Kami pun akan membantu membuatkan desain banner untuk Anda. Datang langsung ke Jaya Print yang ada di Mampang atau mengunjungi di website Jaya Print di https://jayaprint.id/. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi customer service kami di 021-79190893 (telepon) atau 082229993081 / 081212252501 (WhatsApp). Serta Anda bisa mengikuti instagram kami @jayaprintdigital untuk informasi terbaru.

Nah itu dia tips dari kami membuat banner yang menarik untuk media promosi. Anda sudah mendapatkan ide membuat banner? Silahkan JaPri saja!

 

WhatsApp chat