0812-1225-2501 marketing@jayaprint.id

Fungsi kemasan produk paling mendasar pastinya untuk mewadahi suatu produk atau barang dari kerusakan di luar. Namun secara definisi, kemasan adalah bagian terluar yang membungkus suatu barang dengan tujuan untuk melindungi produk dari guncangan, benturan, serta cuaca di luar. Biasa juga disebut dengan packaging.

Namun demikian, sebetulnya apa sih fungsi mendalam serta tujuan pembuatan kemasan produk? Mari kita bahas pada artikel kali ini!

Ingin tahu fungsi dan tujuan dari packaging? Pahami di sini!

Untuk menampilkan image terhadap isi, packaging produk umumnya didesain sedemikian rupa dengan cantik dan elegan, sehingga pesan yang ingin disampaikan akan tepat sasaran dan ditangkap oleh target market. Ini dia penjelasan lebih lanjutnya.

Fungsi

  • Mewadahi produk selama proses distribusi dari produsen, distributor, hingga konsumen, agar tidak tercecer, terutama untuk produk yang berbahan dasar cairan, pasta, atau butiran.
  • Melindungi serta mengawetkan produk dari sinar ultraviolet, kelembapan serta udara panas, hujan, oksigen, benturan, selain itu juga menjaga produk agar tidak terkontaminasi mikroba yang dapat merusak dan menurunkan kualitas produk.
  • Sebagai identitas produk, dalam hal ini dapat berfungsi sebagai alat komunikasi dan informasi untuk customer melalui label.
  • Meningkatkan efisiensi serta memudahkan penghitungan barang (misal 1 kemasan isi 10, 1 lusin, dan sebagainya).
  • Memperluas pemasaran produk.
  • Memberi nilai berbeda dari produk lain yang serupa agar dapat meningkatkan daya tarik calon konsumen.
  • Dapat menjadi sarana informasi dan iklan, jika ditambahkan alamat website, sosial media, kontak person, dan lain sebagainya.
  • Dapat meningkatkan branding perusahaan atau produk.

Tujuan

  • Physical Production.
  • Barrier Protection.
  • Information Transmission.
  • Reducing Theft (sebagai perangkat anti pencurian).
  • Fitur yang menambah kenyamanan dalam proses distribusi.
  • Marketing and branding. Kemasan dan label dapat digunakan oleh para pengusaha untuk semakin mendorong calon pembeli.

Nah itulah dia hal-hal yang patut anda ketahui dari betapa pentingnya suatu kemasan produk, selain itu juga desain yang unik akan semakin menarik perhatian calon pembeli. Cari desainer serta printshop professional untuk mencetak kemasan produk anda.

Ingin cetak kemasan? JAPRI aja!

WhatsApp chat