Ketika teknologi terus berkembang dan mengubah cara kita berbisnis, banyak yang menganggap media iklan cetak sebagai media periklanan sudah mati. Faktanya, beberapa bentuk pemasaran cetak terus berkembang, terlepas dari popularitas media digital.
Media Iklan Cetak seperti Spanduk, Brosur, Flyer masih menjadi alat marketing yang penting, berikut adalah 5 alasan mengapa Media Iklan Cetak masih menjadi alat pemasaran yang penting
- Memiliki dampak nyata dan memungkinkan orang menyentuh dan menyimpan materi pemasaran secara fisik.
Media Iklan cetak berbentuk barang konkret, yang nyata dan secara fisik dapat dilihat maupun disentuh. Majalah dan koran dapat menetap dalam rumah dan kantor selama berbulan-bulan bahkan bisa menjadi koleksi pribadi. Berbeda dengan iklan online yang hanya akan muncul selama periode pemasangan iklan.
Salah satu media iklan cetak lainnya yang masih relevan saat ini adalah Brosur/Flyer. Brosur maupun flyer bagi sebagian orang adalah informasi yang berguna sehingga seringkali disimpan dalam saku dan kebutuhan barang yang ada di brosur atau flyer mungkin tidak secara langsung dibeli pada saat itu juga tapi dia akan mempelajarinya dan pada saat diperlukan dia akan kembali membuka brosur/flyer yang pernah disimpannya.
Media iklan cetak lainnya yang merupakan alat promosi adalah penggunaan katalog. Katalog sebagai media promosi dalam bentuk cetak lebih mudah diakses dibandingkan dengan bentuk digital, kemudahan untuk mengambil secara fisik dan membanding-bandingkan harga di katalog menjadi pengalaman tersendiri bagi sebagian orang. Dibandingkan dengan media digital yang perlu beberapa tahapan untuk langsung bisa akses melihat katalog dan keterbatasan layar yang sulit untuk melihat gambar secara penuh.
- Iklan cetak lebih dapat dipercaya dibanding iklan digital
Iklan cetak yang memberikan kredibilitas lebih dibandingkan dengan bentuk iklan digital. Desain grafis yang baik dapat menarik perhatian pembaca. Berbeda dengan ikan popup online yang selalu mengganggu tampilan layar anda saat menjelajah website atau social media. Apalagi dengan desain yang buruk, pengguna yang tidak begitu mengerti teknologi akan menganggap bahwa iklan tersebut akan menyebarkan virus dan malware saat diklik.
Banyaknya informasi tidak benar/hoax yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya juga seringkali membuat masyarakat kebingungan dalam menanggapi pesan dalam iklan digital, iklan digital dengan biaya produksi yang sangat murah dapat dibuat sembarangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, bahkan tidak sedikit yang dibuat untuk menjatuhkan kompetitor, sehingga banyak yang menganggap iklan cetak lebih dapat dipercaya dibandingkan dengan iklan digital. Iklan cetak dibuat lebih serius karena biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit sehingga jarang oknum “nakal” yang menggunakannya untuk menjatuhkan pihak lawan.
3. Iklan cetak dapat menargetkan demografi tertentu
Meletakkan iklan dalam media publikasi seperti majalah dapat menjangkau target konsumen dengan kategori yang spesifik. Jika target konsumen anda adalah ibu rumah tangga, maka memasang iklan di majalah memasak dan berkebun dapat menjangkau target konsumen dengan tepat.
Dengan meletakkan iklan dalam media yang tepat dapat mengurangi resiko over budget marketing.
Penyebaran brosur/flyer yang langsung dibagikan kepada orang-orang yg spesifik sesuai target market adalah kelebihan dari media cetak dibanding media digital, produk fashion yang target marketnya adalah muslim berhijab maka brosur/flyer dapat dibagikan langsung kepada wanita-wanita berhijab. Jika dibandingkan media digital akan sulit untuk menentukan kategori market wanita muslim berhijab.
4. Menjangkau audiens yang luas dan tidak terbatas pada mereka yang memiliki akses digital.
Kelebihan lainnya dari iklan cetak dapat menjangkau orang-orang yang kesulitan dalam akses digital karena mungkin kehabisan kuota data atau kehabisan baterai sehingga iklan digital terputus dan bisa saja dilupakan. Dengan iklan cetak hal tersebut dapat diatasi karena iklan cetak dapat dijangkau oleh siapapun dan dalam kondisi apapun.
Iklan cetak dalam bentuk banner atau spanduk adalah media promosi yang paling tepat untuk menjangkau konsumen di tempat yang tepat tanpa perlu akses digital. Spanduk yang ditempatkan diperumahan atau di jalan dengan lalu lintas yang padat sangat mungkin akan dilihat berulangkali oleh orang-orang yang melintas dijalan tersebut setiap harinya tanpa perlu repot mengakses digital.
Bayangkan jika tiap hari orang yang lalu lalang dijalan tersebut jumlahnya mencapai ribuan kendaraan dan jalanan tersebut adalah jalanan yang macet tiap harinya, kemungkinan besar spanduk tersebut akan dibaca oleh ribuan orang dan popularitas pesan/produk yang ada didalam spanduk tersebut akan naik dan dengan sendirinya meningkatkan brand awareness.
- Ini memberikan pengalaman yang unik dan berkesan bagi konsumen.
Orang-orang jauh lebih memperhatikan ketika membaca koran daripada ketika mereka menonton televisi, sebuah studi baru mengungkapkan.
Studi ilmu saraf yang ditugaskan oleh News Works NZ menggunakan teknologi pencitraan otak pada 120 Kiwi untuk memeriksa “pengkodean memori” yang mengukur bagaimana otak peserta merespons dan ingatan mereka akan konten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan lebih fokus dan memiliki tingkat intensitas emosi yang lebih tinggi saat menyerap artikel dan iklan di surat kabar dibandingkan saat memperoleh informasi melalui iklan digital.
Jika anda sedang mencari Jasa Print berkualitas, tidak ada salahnya anda menghubungi JayaPrint. Anda dapat memesannya secara online di website kami atau menghubungi Telp/WA : 0812 1225 2501, instagram di @jayaprintdigital atau via website di www.jayaprint.id. atau datang langsung kelokasi kami yang berada di Jl. Mampang VIII No. 29, Jakarta-Selatan
Recent Comments