0812-1225-2501 marketing@jayaprint.id

Dalam bisnis jasa, terdapat banyak strategi untuk membuat sebuah bisnis sukses. Selain strategi pemasaran yang handal, sebuah bisnis juga membutuhkan pelayanan prima sehingga dapat membuat konsumen nyaman dan akan menggunakan kembali bisnis jasa Anda. Tapi, apakah yang dimaksud dengan pelayanan yang prima dan bagaimana cara mendapatkannya?

Pelayanan prima atau juga dikenal dengan excellent service adalah upaya sebuah instansi, organisasi atau usaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Tujuan dari pelayanan ini hanyalah satu, yaitu membuat pelanggan menjadi puas sehingga dapat meningkatkan aspek lainnya seperti penjualan, profit dll.

 

Apakah Pelayanan yang Prima Itu?

Setiap bisnis dapat menghadirkan pelayanan prima ke dalam bisnis mereka selama mengetahui konsep dan apa yang harus dilakukan. Berikut adalah tujuh konsep dasar pelayanan yang diperlukan dalam setiap bisnis:

1. Sikap

Hal pertama yang harus dimiliki untuk memberikan pelayanan terbaik dan prima adalah sikap yang baik. Yang dimaksud sikap baik dalam hal ini cukup luas, tapi bisa dimulai dari menjadi rapi, ramah dan perhatian. Ketiga sikap tersebut dapat membuat pelanggan menjadi nyaman dan senang sehingga berpeluang untuk kembali lagi.

Pastikan para pegawai dalam sebuah bisnis dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada para pelanggan. Agar hal ini dapat tercapai, perusahaan atau sebuah bisnis dapat membantu dengan menyediakan pelatihan dan seragam yang rapi untuk para pegawainya.

2. Perhatian

Pelanggan senang jika mendapatkan perhatian dari para pegawai. Oleh karena itu, ketika ada pelanggan datang, berikanlah perhatian kecil seperti memberikan sapaan hangat dan senyuman. Selain itu, ketika konsumen membutuhkan sesuatu, para pegawai harus bersikap responsive. Jangan menunda dalam melayani konsumen terutama jika mereka sudah siap dan butuh dilayani. Sikap dan perhatian kecil seperti ini sebenarnya tidak tertulis dalam SOP, namun akan sangat membantu jika dijalankan.

3. Tindakan

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam pelayanan prima adalah tindakan. Konsep ini berhubungan dengan dua konsep sebelumnya. Salah satu contoh sederhana adalah tindakan yang menunjukkan sikap baik serta perhatian kepada pelanggan seperti membukakan pintu ketika ada pelanggan ingin masuk atau keluar.

4. Kemampuan

Sikap yang ramah tidaklah cukup untuk memberikan pelayanan yang terbaik, namun juga dibutuhkan kemampuan yang baik. Contohnya jika seseorang bertugas sebagai pendesain media promosi, maka orang tersebut harus memiliki kemampuan desain yang handal untuk dapat memberikan pelayanan prima. Hal ini pun berlaku untuk posisi yang lain juga.

5. Penampilan

Pelayanan yang baik tidak hanya bisa ditunjukkan melalui sikap namun juga bisa dari penampilan. Penampilan bisa dinilai dari dua hal yaitu penampilan fisik serta penampilan non-fisik seperti gaya berbicara.

Untuk memberikan penampilan fisik yang baik, berikanlah seragam agar semua pegawai dapat terlihat seragam dan enak dipandang. Selanjutnya, untuk penampilan non-fisik, berikanlah pelatihan mengenai tata cara berbicara atau bagaimana bersikap dengan orang. Diperlukan keahlian yang perlu diasah untuk penampilan non fisik seperti gaya berbicara. Pegawai harus bisa membedakan cara berbicara dengan orang tua atau dengan anak muda.

6. Bertanggung Jawab

Setiap pegawai harus memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalankan pekerjaannya. Ketika pegawai bertanggung jawab, maka tugas yang dijalankan akan berjalan dengan baik dan maksimal. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan.

7. Simpati

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam memberikan pelayanan adalah rasa simpati terhadap pelanggan. Terkadang ada kondisi saat karyawan harus memiliki rasa simpati kepada para pelanggan. Contohnya, jika ada ibu hamil atau orang tua yang mengantri, ada baiknya jika mereka didahulukan terlebih dahulu.

Diskusi

 

Mengapa Pelayanan Prima Penting dalam Sebuah Bisnis?

Pelayanan prima merupakan salah satu kunci penting dalam menjalankan sebuah bisnis, terutama untuk bisnis jasa. Saat ini banyak perusahaan yang menjual produk atau jasa yang serupa, namun pelayanan yang diberikan berbeda. Dan hal inilah yang dapat membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Salah satu tujuan dari memberikan pelayanan yang prima adalah memberikan kepuasan terhadap pelanggan yang datang. Apabila pelanggan yang datang puas dan senang terhadap pelayanan yang diberikan, maka mereka akan berpotensi datang kembali. Hal ini bisa membuat mereka menjadi pelanggan tetap atau loyal terhadap perusahaan.

Jika pelanggan merasa puas dan senang, maka tidak menutup peluang pelanggan tersebut merekomendasikan tempat tersebut kepada orang lain. Cara ini tentunya akan memberikan manfaat kepada perusahaan dan berpotensi memberikan tambahan income.

Jaya Print akan terus berkembang dan akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. Sedikit demi sedikit kami akan bergerak lebih baik lagi terutama dalam hal pelayanan. Datang langsung ke Jaya Print yang ada di Mampang dan Anda bias merasakan perubahan kami menuju pelayanan prima. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi customer service kami di 021-79190893 (telepon) atau 082229993081 / 081212252501 (WhatsApp). Serta Anda bisa mengunjungi website Jaya Print di https://jayaprint.id/ atau mengikuti instagram kami @jayaprintdigital untuk informasi terbaru.

Mau cetak cepat dan mudah dengan pelayanan prima? Silahkan ke JaPri saja!

 

WhatsApp chat