021-7919-0893 djayaprint@gmail.com

Ada banyak sekali jenis-jenis kertas yang dicetak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari kertas yang berbahan sangat tebal sampai kertas yang berbahan sangat tipis. Jenis kertas Continuous Form atau Continuous Paper. adalah kertas dengan karakteristik continuous atau bersambung. Di tepiannya biasa terdapat lubang-lubang yang berguna jika nantinya kertas ini akan disimpan pada binder atau map.

Continuous Form biasanya dibuat dari kertas NCR (Non-Carbon Required) yang terdiri atas tiga bagian, yaitu top, middle, dan bottom. Kertas ini memudahkan proses percetakan karena tidak memerlukan karbon untuk dapat mencetak di beberapa lembar sekaligus. Kertas ini dapat digunakan dengan printer Dot Matrix. Continuous Form sendiri memiliki gramatur (ukuran) yang beragam, mulai dari 50-55 gms, hingga seukuran HVS (mulai dari) 60 gsm hingga 80 gsm.

Continuous Form / Paper

Keunggulan Continuous Form

Karena bentuknya yang bersambung, kertas ini dinilai lebih simple untuk mencatat transaksi. Hal ini karena dalam satu kali cetak, kertas ini sudah dapat menghasilkan tiga catatan sekaligus. Dampaknya adalah Anda bisa lebih menghemat waktu, tinta, dan juga listrik. Selain itu, karena bahannya yang tipis dan disertai garis-garis, kertas ini lebih mudah dirobek sehingga proses dokumentasi bisa lebih mudah dan cepat. Hal yang paling penting adalah, jika Anda mencetak transaksi atau bukti pembayaran pada kertas ini, maka hasil cetakannya dapat digunakan sebagai bukti yang sah.

Fungsi Continuous Form

Karena keunggulan-keunggulannya tersebut, Continuous Form memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

 

  • Sebagai Faktur Penjualan

Jika Anda memiliki toko baju, sembako, kosmetik, atau toko apa pun, ada baiknya untuk menggunakan Continuous Form sebagai faktur penjualan atau yang biasa disebut invoice.  Jenis kertas ini akan memudahkan kasir dalam memberikan bukti penjualan yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan karena baik seller maupun customer memiliki bukti yang sama.

 

  • Bukti Penerimaan dan Pengeluaran

Dalam sebuah perusahaan, baik kecil maupun besar, setiap harinya pasti ada transakasi yang terjadi, entah masuk atau keluarnya uang. Kertas ini dapat digunakan sebagai bukti pengeluaran atau pemasukan uang ke perusahaan. Selain sah, penggunaan Continuous Form juga efektif, karena dalam satu kali cetak, sudah ada beberapa bukti sekaligus.

 

  • Sebagai Surat Jalan

Surat jalan adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi saat akan mengadakan pengiriman barang ke alamat tertentu. Kertas ini dapat digunakan sebagai surat jalan karena memiliki beberapa Salinan yang salah satunya dipegang oleh konsumen, sedangkan lainnya untuk pengirim atau penjual.

 

  • Untuk Pembuatan Faktur Pajak

Faktur pajak adalah bukti pemungutan pajak oleh PKP (Pengusaha Kena Pajak). PKP harus membuat faktur ini sebagai bukti sudah memungut pajak ketika membeli barang atau jasa. Penggunaan Continuous Form lagi-lagi efektif dan efisien untuk dokumen yang satu ini.

 

  • Sebagai Slip Gaji

Slip gaji berisi rincian gaji yang diperoleh, uang lembur, pinjaman, atau potongan gaji. Oleh sebab itu, penting memiliki salinan slip gaji setiap karyawan. Solusinya adalah menggunakan Continuous Paper. Dalam sekali cetak perusahaan sudah memiliki beberapa bukti untuk diberikan kepada karyawan dan dijadikan arsip.

Jika Anda memerlukan Continuous Form namun tidak memiliki alat cetaknya, Anda dapat menghubungi Jaya Print Digital Printing. Kami melayani percetakan menggunakan Continuous Form dalam jumlah banyak. Untuk info lebih lanjut, hubungi 021-79190893 (Telepon) atau 0822-2999-3081 (WhatsApp). Anda juga dapat mengunjungi website kami di https://jayaprint.id/. Ikuti media sosial kami di Instagram: @jayaprintdigital dan Facebook: Jaya Print Digital Printing untuk mendapatkan update terbaru seputar dunia digital printing.

WhatsApp chat