021-7919-0893 djayaprint@gmail.com

Jika berbelanja di tempat-tempat yang menjual produk fashion, pasti anda pernah melihat tag atau “merk” dari produk-produk yang dijual di sana. Tag itu bermacam-macam bentuk dan bahannya. Ada yang berbentuk kotak, bulat, sampai bentuk-bentuk abstrak. Bahan yang digunakan pun beragam. Bahan yang paling banyak digunakan adalah bahan kain dan bahan kertas. Tag berbahan kain biasanya ditempelkan pada bagian dalam baju dengan cara dilem atau dijahit. Sementara Tag yang terbuat dari kertas biasanya digantungkan di bagian luar baju. Tag ini lah yang disebut dengan Hang Tag.

Tag itu sendiri sebenarnya berisi informasi mengenai detail produk, seperti brand, ukuran, harga, barcode, dan informasi lainnya. Penggunaan Hang Tag kini kian digemari karena beberapa kelebihannya seperti, tidak merusak produk, tidak mengganggu kenyamanan saat digunakan, dan proses pemasangannya yang lebih mudah. Namun, jika anda adalah seorang pengusaha yang masih merintis dan ingin menggunakan Hang Tag pada produk anda, baiknya perhatikan dulu hal-hal berikut dalam merancang Hang Tag.

Desain Hang Tag

Ini adalah hal kecil yang dapat memengaruhi keputusan customer untuk membeli produk anda. Mulai dari jenis dan ukuran font yang anda gunakan dalam mendeskripsikan produk anda. Font yang terlalu kecil akan menyulitkan pembeli untuk melihat informasi penting. Selain itu, tak ada salahnya untuk menyisipkan gambar atau logo brand anda dalam Hang Tag. Hal ini dapat memengaruhi ketertarikan customer secara visual.

Siapa Target Pasar Anda?

Mengetahui target pasar sangat penting dilakukan bahkan sebelum anda membuat produk anda. Begitu pula dalam merencang Hang Tag yang akan digunakan. Sebagai contoh, jika anda membuat produk baju anak-anak, maka rancanglah hang tag yang colorful dengan bentuk-bentuk yang lucu seperti bentuk bunga atau bentuk mobil. Jika target pasar anda adalah remaja kekinian, anda bisa merancang Hang Tag dengan bentuk simple dan warna pastel atau plain color.

Jangan Lupakan Tali!

Terkadang, karena terlalu fokus merancang desain, kita lupa memilih tali yang akan digunakan. Hal ini juga penting karena tali adalah medium antara produk anda dengan Hang Tag. Nantinya tali akan dipasangkan dengan Tag Pin menggunakan Tag Gun. Pilih lah tali yang cukup kuat untuk menopang Hang Tag dalam waktu lama. Biasanya, pemasangan Hang Tag menggunakan Tali Loop. Tidak sulit mencari tali ini karena sekarang sudah banyak yang menjual Tali Loop dalam jumlah banyak di berbagai Marketplace.

Pilih Percetakan Berkualitas

Memilih percetakan untuk membuat Hang Tag juga perlu dipertimbangkan. Jika Hang Tag menggunakan kertas dan tinta berkualitas rendah, besar resiko terjadinya luntur atau kerusakan pada Hang Tag anda. Oleh sebab itu, pilih lah percetakan yang dapat memberikan pelayanan dan hasil yang berkualitas.

Jaya Print melayani berbagai keperluan digital printing, salah satunya pembuatan Hang Tag dengan kualitas tinggi. Jika anda sudah menemukan desain dan target market yang tepat, anda bisa mencetak Hang Tag produk anda dengan menggunakan jasa print digital ini. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Jaya Print di https://jayaprint.id/. Ikuti juga media sosial kami di Instagram: @jayaprintdigital dan Facebook: Jaya Print Digital Printing untuk mendapatkan update terbaru.

WhatsApp chat