021-7919-0893 djayaprint@gmail.com

Apa itu finishing? Dalam dunia digital printing maupun offset, finishing merupakan suatu penyelesaian akhir dalam proses percetakan agar hasil cetak menjadi lebih menarik. Ada berbagai macam jenis finishing dalam dunia percetakan yang biasa diaplikasikan, baik itu untuk teknik cetak digital maupun cetakan offset.

Lalu, apa saja ragam finishing yang perlu kamu tahu? Dengan mengetahui jenis finishing dalam percetakan kamu juga bisa mengetahui karakteristik masing-masing jenis finishing serta hasil akhir dari produk percetakan seperti apa yang kamu butuhkan atau tidak.

Maka dari itu mimin Jaya akan membahas satu persatu ya! Check this out!

Ragam finishing dalam dunia percetakan, kamu wajib tahu!

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia digital printing, dikenal beberapa istilah finishing untuk memperindah hasil cetakan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hot Printing

Dasar finishing ini memang pada prosesnya menggunakan foild untuk dipanaskan di mesin lalu dibubuhkan ke dalam media cetak. Hal ini menjadikan area tertentu seperti huruf pada judul buku menjadi mengkilat berwarna emas atau perak. Jenis ini lebih dikenal dengan sebutan finishing Poli.

Proses ini umumnya banyak digunakan untuk mempercantik undangan pernikahan atau amplop imlek yang terdapat ornamen emas dan silver. Sebenarnya foild ini tidak hanya untuk warna emas dan perak saja. Warna lain pun bisa, seperti Ungu, Biru, Merah, Hijau dan sebagainya.

  1. Laminating Doff atau Glossy

Proses ini lebih familiar di mata masyarakat. Laminasi merupakan proses pelapisan kertas dengan bahan plastik tipis yang bertujuan membuat bahan kertas lebih awet dan tinta tidak mudah luntur. Laminating terdiri dari 2 macam yaitu: Doff dan Glossy.

Laminating doff memiliki tekstur lembut, hasil akhirnya tidak mengkilap dan terlihat natural. Laminating doff umumnya digunakan untuk kartu nama, pin, ID Card, atau kemasan berbahan kertas. Sedangkan laminating glossy, sifatnya licin dan mengkilap. Jenis glossy sering digunakan untuk flyer, brosur, dan katalog.

  1. Spot UV atau Varnish

Spot UV di sini menghasilkan permukaan yang mengkilat pada area tertentu saja, seperti pada Judul Buku, Gambar Cover atau area tertentu lainnya. Bedanya dengan teknik laminasi adalah proses pelapisan ini menggunakan bahan cairan. Teknik ini juga memberi efek doff ataupun glossy. Perbedaannya adalah cairan untuk teknik spot UV akan bereaksi pada sinar Ultra Violet sedangkan varnish bereaksi pada suhu panas.

  1. Embos

Teknik ini menjadikan area tertentu seperti judul buku menjadi timbul. Embos biasanya terdapat pada cover buku, majalah, katalog perusahaan dan lain-lain.

  1. Lipat

Finishing lipat ini biasanya digunakan pada cetakan brosur atau leaflet.

  1. Pond dan Pisau pond atau Die Cut

Pond merupakan teknik memotong kertas sesuai bentuk yang diinginkan, tergantung desain yang dicetak. Proses pemotongannya dilakukan dengan mesin khusus yang menggunakan pisau pond yang bisa diatur agar mengikuti bentuk desain. Finishing Pond biasa digunakan untuk stiker, undangan, kartu ucapan, atau booklet dengan bentuk yang unik atau custom.

  1. Porforator

Porforator adalah mesin untuk melubangi kertas secara berderet. Contohnya lubang kecil di karcis atau tiket, lubang-lubang itu dibuat agar tiket mudah disobek.

Butuh finishing jilid? Ini jenis-jenisnya!

  1. Jahit kawat dan mika plastik

Penjilidan buku menggunakan kawat atau mika plastik bias berbentuk spiral

  1. Lem panas atau bending

Sesuai dengan namanya, proses pengeleman ini dipanaskan menggunakan mesin. Dalam proses jilid lem panas ini ada juga bagian dalamnya yang dilakukan proses penjahitan untuk mengurangi resiko terlepas pada bagian halaman tersebut.

  1. Spiral

Dengan menggunakan spiral kawat bulat atau ring berwarna putih, hitam dan silver. Proses untuk pengerjaan jilid spiral memang tidak terlalu rumit.

  1. Jahit benang

Cover dari sistem penjilidan dengan jahit benang biasanya memakai cover kulit atau bias juga hard cover dan menggunakan pita kapital.

  1. Streaples

Jilid straples merupakan proses finsihing jilid di mana pada bagian tengah buku akan distreaples.

Nah sobat Jaya, sudah paham kan apa itu finishing serta jenis-jenisnya dalam dunia digital printing maupun offset? Jangan ragu untuk menghubungi kami di sini! Kami siap support semua kebutuhan bisnis ataupun event kamu sobat!

WhatsApp chat