021-7919-0893 djayaprint@gmail.com

Karton box, siapa yang tidak tahu dan tidak butuh? Semua industri atau perusahaan pasti membutuhkannya bukan? Kebanyakan  masyarakat mengenalnya sebagai kardus. Fungsinya adalah untuk mengemas barang-barang dalam bentuk apapun, besar kecil, ringan dan berat.

Namun demikian, yang perlu anda ketahui di sini adalah adanya perbedaan peruntukkan karton box untuk barang elektronik dengan makanan, yakni dari tebal tipisnya kardus. Sebab untuk beban lebih berat haruslah jenis karton box yang lebih tebal agar lebih kuat pengemasannya.

Nah, seperti apa sih jenis-jenis karton box? Yuk kita bahas pada artikel berikut ini!

Mengenal industri karton box, hanya di sini!

Industri kotak karton sebenarnya sama saja dengan industri percetakan lainnya, namun skalanya saja yang memang lebih besar. Bentuk mesinnyapun berbeda dengan mesin printing kertas biasa. Mesin untuk mencetak karton ini besarnya sama dengan mesin foto kopi, namun alat navigasinya lebih rumit dan tetap harus terkoneksi dengan komputer.

Jika merujuk pada pabrik-pabrik penghasil karton box, mesin-mesin pencetak akan bekerja sesuai dengan perintah komputer saja. Para karyawan hanya tinggal klik dan mengoperasikan komputer untuk mendesainnya.

Lalu untuk jenis kardus box yang beredar di pasaran, jenisnya bisa dikatakan sama dengan warna cokelat muda berbentuk jaring-jaring lipatan bangun ruang, yaitu balok atau kubus. Namun demikian, anda perlu mengetahui adanya perbedaan di antara semuanya yakni berdasarkan tingkat lapisannya.

Pelajari tingkat lapisan karton box, di bawah ini!

Ada empat jenis tingkatan lapisan kardus box, apa saja sih? Yuk kita simak pembahasannya di sini!

  1. Single face

Yang pertama ini merupakan jenis bidang karton yang hanya terdiri dari dua lapis saja. Bentuk keduanya juga berbeda, satu berbentuk datar dan lapisan satunya lagi berupa lekukan. Karton ini sering dipakai hanya untuk mengemas barang-barang pecah belah dan berukuran kecil.

  1. Single wall

Pada tingkatan ini, terdapat tiga lapisan di dalam kardus. Dua lapisan datar dan satu lekukan yang diapit oleh kedua bidang datar tadi. Hasilnya kardus akan menjadi lebih tebal dan pastinya lebih kuat daripada mode single face. Nah, karton ini sering dipakai untuk mengemas barang-barang yang lebih besar seperti aksesoris, fashion, makanan, dan barang-barang lainnya.

  1. Double wall

Kardus ini terdiri dari empat lapisan karton yang ditempatkan secara selang-seling antara kertas bidang datar lalu lekukan, lekukan lalu bidang datar kedua, dan seterusnya. Karton ini sering dipakai untuk mengemas barang-barang seperti elektronik dan furniture karena lebih tebal dan kuat.

  1. Triple wall

Nah, yang terakhir ini adalah tingkatan jenis kardus yang paling tebal dan kuat, umumnya digunakan untuk produk atau barang dengan bobot yang sangat berat bahkan bisa mencapai 100 kilogram lebih lho! Bidang datar dan lekukannya sama-sama dibuat berselang-seling seperti yang lainnya.

So, berdasarkan jenisnya tersebut, maka kotak karton memiliki banyak fungsi sebagai pengemas yang aman dan praktis. Dan kini, warna karduspun tidak hanya cokelat saja lho! Zaman yang semakin modern membuat industri kardus box mengembangkan desainnya menjadi sesuai dengan image perusahaan.

Semakin cantik desainnya maka akan semakin tinggi pula harganya. Dengan penuangan ide-ide kreatif maka nilai kardus box akan semakin menjual dan bisa sebagai alat branding perusahaan. Seperti misalnya box televisi yang berwarna dasar cokelat namun ada desain nama mereknya, spesifikasi, dan lain-lain. Berbeda pula dengan karton handphone yang memiliki warna dasar putih yang elegan dengan tambahan gambar serta spesifikasinya.

Selanjutnya, bagaimana sih tahapan membuat kardus box? Kita simak lagi artikelnya sampai habis ya!

Baca juga : Mengulik Lebih Dalam Tentang Kardus Box, Di Sini!

Langkah-langkah pembuatan kardus box, baca di sini!

Banyak orang menggunakan kardus dalam kehidupan sehari-hari namun tidak mengetahui atau tidak mau tahu bagaimana cara pembuatannya. Padahal ini berguna lho bagi anda untuk menentukan kardus seperti apa yang memiliki kualitas bagus dan biasa saja.

Sekarang ini, anda dapat menjumpai kardus box yang semakin variatif dan unik dikarenakan berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh para produsen penghasil karton box. Pembuatan dari setiap jenis kardus jelas memiliki perbedaan, namun pada dasarnya, proses utama yang dilakukan adalah sama.

Nah, sobat Jaya, berikut adalah tata cara pembuatan kardus box yang penting juga untuk anda ketahui. Yuk disimak sampai habis!

  1. Pembuatan sheet

Sheet menggunakan bahan dasar berupa kertas tebal yang diproses melalui mesin corrugated. Kertas selanjutnya akan melewati proses pemanasan terlebih dahulu pada mesin heater drum untuk menguapkan kadar air yang masih terkandung di dalam kertas. Kemudian setelah proses pemanasan, menuju proses fluting untuk membuat lapisan gelombang atau lekukan. Lapisan gelombang tersebut direkatkan dengan lapisan bagian bawah hingga membentuk single face.

Namun untuk pembuatan jenis double face, maka akan membutuhkan lapisan atas kertas lagi untuk melapisi single face pertama.

Oke, tahap selanjutnya adalah pembentukan creasing flap, yaitu pembelahan sesuai dengan ukuran seperti lebar dan panjang sheet. Hasil output dari mesin ini adalah lembaran sheet dengan creasing flap bawah dan atas sesuai dengan produsen yang biasa menjual kardus eceran.

  1. Proses konverting

Proses ini meliputi beberapa bagian yaitu:

  1. Pemberian cetakan pada masing-masing lembaran sheet
  2. Pembentukan creasing lebar serta panjang karton
  3. Pemotongan slotter
  4. Penyambungan kembali hingga terbentuk karton gelombang yang sempurna.

Namun jika produsen kardus masih menggunakan mesin konverting jenis lama, maka bagian-bagian tersebut harus dilakukan pada mesin yang berbeda pula. Saat ini sudah terdapat mesin flexo yang canggih sehingga memungkinkan semua proses dilakukan secara online dan dalam waktu yang lebih singkat. Outputnya berupa produk akhir dari bentukan kardus yang siap digunakan oleh para konsumen.

Selain itu, salah satu kecanggihan dari mesin cetak ini adalah kapasitas warna yang bervariasi sehingga lembaran sheet akan melalui proses cetak dengan tinta water base. Kapasitas muatan warna yang banyak membuat mesin dapat menyelesaikan cetakan dalam sekali print dan memiliki hasil warna yang berbeda sesuai kebutuhan anda.

  1. Proses penunjang lainnya

Beberapa pabrik kardus mungkin menyelesaikan proses pembuatannya hingga berakhir pada proses kedua saja, yakni konverting. Namun, kualitas yang dihasilkan akan berbeda jika anda juga melakukan proses penunjang ketiga untuk menyempurnakan kardus, seperti persiapan tinta dan warna, pengendalian mutu kardus, serta pembuatan rubber plate untuk dies cetak.

Selain proses pendukung tersebut di atas, banyak pula para customer atau distributor yang meminta para produsen pembuat kardus untuk melakukan proses finishing khusus, seperti bunding atau pengepakan dan pemaletan. Intinya, semuanya memang tidak wajib dilakukan hanya berdasar pada kebutuhan permintaan pasar saja. Sebab dengan melakukan proses penunjang ini, otomatis biaya proses pembuatan juga akan lebih besar.

Nah sobat, demikianlah langkah-langkah pembuatan kardus box dari awal hingga menjadi karton siap pakai.

Cetak karton box? JAPRI aja!

WhatsApp chat