021-7919-0893 djayaprint@gmail.com

Flyer atau brosur seperti yang kita ketahui merupakan salah satu sarana promosi yang cukup efektif dan selalu digunakan hingga saat ini. Brosur ini berisikan informasi singkat mengenai suatu produk atau jasa dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan.

Nah, agar tidak terbuang sia-sia, sebuah flyer cetak harus didesain semenarik dan sekreatif mungkin, untuk menarik perhatian calon pelanggan. Lantas, bagaimana ya caranya membuat desain brosur yang unik dan menawan? Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa tips untuk merancang selebaran yang jauh lebih kreatif dari yang anda pikirkan!

Membuat brosur yang kece? Begini caranya!

Semua sudah sepakat bukan kalau tujuan utama dibuatnya flyer adalah untuk menarik perhatian target market. Nah, ini berarti perlu adanya ide-ide kreatif dalam membuat desain sebuah selebaran agar membuat orang-orang penasaran dengan produk anda.

So, di bawah ini ada beberapa tips cara mendesain flyer yang kece dan eye catching lho! Yuk kita lihat paparannya berikut ini!

  1. Cari referensi dan template desain

Tahap pertama tentunya adalah mencari referensi atau ide yang menarik untuk flyer yang sesuai dengan karakteristik perusahaan anda. Cari referensi di internet bahkan banyak juga template desain online gratis lho!tentang berbagai desain flyer yang unik dan bagus.

  1. Pemilihan warna jangan sampai merusak mata

Warna menjadi salah satu elemen utama dalam desain grafis. Penggunaan warna-warna yang cerah tentunya akan lebih menarik namun juga perpaduannya harus diperhatikan. Selain itu, anda perlu mencocokkan dengan identitas dari industry tersebut serta target marketnya. Selain itu pula, dengan pemilihan warna yang tepat anda dapat menentukan printshop atau pemilik jasa digital printing yang tepat untuk mencetak brosur anda.

  1. Tonjolkan identitas dari brand anda

Apapun pesan yang ada di dalam flyer, pastikan bahwa ciri khas atau karakter khusus yang dimiliki oleh brand haruslah menonjol. Misalnya, tagline, mascot, cita rasa, dan masih banyak lagi. Buatlah agar saat pembaca melihat sekilas flyer anda, mereka langsung mengetahui bahwa itu brand anda. Contohnya, KFC membagikan flyer tentang promo setengah harga. Maka, hanya dengan melihat taglinenya saja pembaca akan tahu kalau itu adalah flyer KFC.

  1. Tampilkan gambar yang relevan jangan hanya tulisan

Gambar atau ikon menjadi salah satu daya tarik lain. Karena sebuah brosur akan terasa hambar dan membosankan apabila hanya tulisan saja serta tidak ada unsur visual di dalamnya. Tampilkan gambar apa saja yang mewakili pesan dari flyer tersebut.

  1. Pemilihan kata untuk judul harus menarik dan bersifat provokatif

Judul adalah kata yang pasti terbaca pertama kali saat orang melihat selebaran. So, jika dari judulnya saja sudah tidak menarik, orang-orang tidak akan repot untuk membaca isinya lagi dan akan langsung masuk ke tong sampah.

  1. Isi brosur mestinya jangan terlalu padat

Buatlah flyer tersusun rapi agar orang tidak bingung saat membacanya. Gunakan simbol, lambing agar terlihat enak dibaca dan teratur, serta tidak terlalu padat isinya. Langsung ke intinya saja.

  1. Atur layout dengan baik

Nah ini juga penting lho guys, kenapa? Karena sebuah desain kalau tidak diatur layoutnya, pasti akan terlihat berantakan. Jangan sampai informasi di dalamnya hanya membuat orang bingung.

  1. Tentukan juga ukuran flyer yang sesuai kebutuhan

Flyer umumnya memiliki format yang standar, yaitu A5. Tapi tentukan dulu, apakah anda ingin tetap membuatnya dengan bentuk dan ukuran yang standar ataukah ingin sesuatu yang menonjol? Jika yang ditawarkan adalah produk baru, anda bisa mercoba format kreatif yang bisa membuat orang berinteraksi, seperti melipat atau membuka kertas untuk mendapatkan informasinya.

  1. Jangan lupa cantumkan Call to Action

Jangan biarkan mereka yang berpotensial menjadi konsumen hanya membaca brosur saja. Cantumkan kalimat call to action seperti “Pesan sekarang juga!”, “Telepon kami sekarang!” atau “Daftarkan diri anda dan jangan sampai kehabisan”. Hal ini akan membuat calon konsumen yakin bahwa perusahaan ingin mereka menghubungi anda.

  1. Cantumkan juga testimonial para pelanggan anda

Testimoni dari para customer adalah salah satu cara menarik perhatian calon pelanggan baru. Mereka cenderung mencari pendapat dan kesan dari customer yang sebelumnya pernah memakai produk yang ditawarkan di brosur, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Pastikan testimonial tersebut ditulis dengan jelas, profesional dan tidak mengada-ngada.

Nah, itulah dia beberapa tips membuat desain brosur anda jadi lebih kece dari yang lainnya. Jika anda membutuhkan jasa desain flyer, banner, spanduk atau lainnya, jangan sungkan hubungi kami di sini!

Cetak flyer? JAPRI aja!

WhatsApp chat