021-7919-0893 djayaprint@gmail.com

Amplop kertas merupakan salah satu tools penting dalam sebuah perusahaan, hal ini dikarenakan perusahaan tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan pokok dan tentang satu perusahaan itu saja. Namun banyak pula kegiatan yang siaftnya melibatkan perusahaan lain karena membutuhkan jasa vendor ketiga atau kebutuhan-kebutuhan lainnya.  Nah, agar kegiatan tersebut berjalan lancar, hal yang harus dilakukan adalah berkirim surat supaya terkesan resmi dan formal.

Selain itu, kop surat dan desain amplop untuk perusahaan haruslah didesain profesional. Tak hanya itu, anda juga harus mengetahui ragam serta karakteristik kertas yang akan dibuat amplop tersebut. So, kali ini akan kita bahas lebih detail ya! Mari kita simak paparannya berikut ini!

Cek ragam dan ciri khas kertas amplop sesuai kebutuhan anda!

Amplop adalah sebuah bungkus dari surat atau benda. Sebuah amplop terbuat dari kertas yang dipotong dan dilipat sedemikian rupa. Oleh karena itu, amplop perusahaan juga harus didesain semenarik dan seprofesional mungkin, meski tak hanya desain saja yang perlu diperhatikan, anda juga perlu cek kualitas kertas, warna, dan hasil cetaknya.

Berikut ini kita bahas satu persatu karakteristik kertas amplop:

  1. Art Paper 150 gsm

Art paper memiliki ciri khas permukaan yang glossy juga mengkilap lho! Sehingga sangat bisa menghidupkan warna desain pada kertas menjadi semakin eyecatching. Namun kertas ini sebenarnya terbilang kaku bila dibandingkan dengan jenis kertas yang lainnya. Kertas ini memiliki daya tahan yang cukup kuat. Maka cocok untuk kerperluan menyimpan dokumen.

  1. Matte Paper 120 gsm

Kertas ini memiliki permukaan yang halus dan lembut serta memiliki sifat glare free yaitu bebas dari silau, sehingga cocok didesain dengan campuran banyak warna. Dengan menggunakan kertas ini, amplop akan terkesan lebih elegan, mewah dan eksklusif serta fancy.

  1. HVS Paper 80 gsm dan 100 gsm

Kertas ini adalah satu dari pilihan yang populer dan paling sering digunakan untuk membuat amplop. Bahannya sangat ringan namun di sisi lain, kertas ini memiliki daya tahan tidak terlalu kuat dibandingkan jenis kertas yang lain.

Mampir juga kesini: Tips Unik Mendesain Flyer atau Brosur Yang Wajib Anda Ketahui!

  1. Samson Kraft 70 gsm, 200 gsm, 280 gsm

Kertas jenis samson ini merupakan kertas daur ulang modern karena itulah kenapa kertasnya dominan berwarna coklat dan sedikit kasar permukaannya. Bahan ini biasa digunakan untuk membuat paperbag, namun bisa juga digunakan untuk bahan amplop. Untuk cetak, karena warna dasarnya coklat, umumnya  tidak menggunakan full colour.

  1. Kertas Earth One White

Kertas Earth One adalah kertas putih polos yang bertekstur agak kasar.

Nah, itu saja kertas amplop berdasarkan jenisnya. Jika anda membutuhkan jasa percetakan digital untuk cetak amplop demi kebutuhan perusahaan anda, jangan khawatir kamilah solusinya!

Cetak amplop? JAPRI aja!

WhatsApp chat